Sunday, January 3, 2016

Mamfaat Internet untuk Kepentingan Pekerjaan Public Relations

     Memang perkembangan teknologi tidak dapat dibendung lagi. Apalagi semenjak adanya Internet yang berkembang sangat pesat. Internet, dibanding radio dan televisi, penetrasinya di masyarakat termasuk yang paling cepat. Dalam waktu lima tahun saja pengguna internet mencapai 50 juta orang. Sementara radio membutuhkan waktu 38 tahun dan televisi 13 tahun.
    Setiap saat selalu saja ada inovasi terbaru yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi aspek hidup kita. Tak terkecuali aspek pekerjaan seorang praktisi Public Relations (PR). Perkembangan teknologi telah membawa perubahan signifikan terhadap tugas dan peran PR. Keberadaan Internet membawa banyak manfaat bagi praktisi PR.  Namun, perlu diingat bahwa keberadaan media Internet tidak mengganti media PR lainnya. Internet adalah salah satu alat yang  jika dimaksimalkan dengan baik, seorang praktisi PR dapat membangun reputasi dan citra perusahaan dengan efektif.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa di gunakan para praktisi PR melalui jaringan internet.

1.     kalau laporan tahunan saja bisa di terbitkan di situs web perusahaan, tentunya ada banyak hal lain yang bisa di terbitkan juga. dan salah satunya adalah press release, publik dapat mengakses press release di situs web perusahaan tersebut.

2.  Dapat menyebarkan press release melalui mailing list. kalau bahasa umum atau bahasa kerennya sekarang adalah subscriber. saya tidak akan menjelaskan terlalu panjang mengenai subscriber, karena nantinya akan sedikit menjauh dari pembahasan utama. pokoknya inti dari subcriber itu adalah penyebarann informasi melalui email, tentunya email yang sudah terdaftar. dengan subcriber atau mailling list ini penyebaran informasi akan lebih cepat dan tepat sasaran.

3.      dan menyampaikan segala informasi yang akan di publikasikan.

    Keuntungan bagi PRpun sangat mempengaruhi seperti informasi cepat sampai kepada public dan bagi praktisi PR, internet dapat berfungsi sebagai iklan, media, alat marketing, sarana penyebaran informasi dan promosi, siapapun dapat mengakses internet, tidak terbatas oleh ruang dan waktu, dan tentunya dapat membuka komunikasi dengan bidang pemasaran secara langsung.

     Kalau manfaat penggunaan internet bisa sebanyak itu berarti program PR akan dapat di pastikan berhasil ? tidak juga, keberhasilan seorang PR bergantung pada siapa publiknya, bagaimana strategi yang di gunakan, dapat tidaknya mempengaruhi kemampuan perusahaan membina hubungan baik agar perusahaan dengan publik semakin dekat.


0 comments:

Post a Comment