Monday, September 14, 2015

Rokok dijadikan hal sepele oleh kalangan anak anak

       Saya adalah seorang perokok aktip yang tiap harimya tiada hari tanpa rokok, tanpa saya sadari bahwa rokok bisa menghabiskan uang saku saya padahal apa rokok hanya untuk dibakar dan di hisap asapnya doang. Biasanya rokok hanya di hisap hanya untuk kalangan yang sudah dewasa saja ya seperti sudah bekerja murni tanpa meminta uang jajan ke orang tua. Tetapi apa yang terjadi di zaman sekarang rokok bukan hanya dihisap oleh kalangan orang-orang dewasa, tetapi rokok juga selalu dihisap oleh anak-anak yang baru menginjak SD, SMP dan SMA. Saya sering kali melihat anak sekolahan yang merokok di pinggir jalan contohnya saja tadi pas waktu saya mau membeli nasi di jalan saya melihat segerombolan anak kecil yang begitu santainya menghisap rokok tanpa ada rasa canggung dan khawatir di dalam dirinya.
       Mereka seolah-olah rokok adalah hal yang sepele dan dijadikan untuk bersantai dijadikan hal-hal yang keren karena dia adalah seorang laki-laki. Padahal banyak sekali gejala yang akan dia dapat ketika sudah kecanduan oleh rokok, seperti :
-Penyakit jantung.
-Penyakit gangguan pembuluh darah.kanker paru-paru.
-Kanker rongga mulut.
-Kanker laring.
-Kanker osefagus.
-Broknitis.
-Tekanan darah tinggi.
-Impotensi
-Menghambat jalannya pertumbuhan sang anak, dll.
     Akibat anak-anak menjadi doyan sama rokok atau kecanduan oleh rokok sangat banyak seperti halnya adalah karena terpengaruh oleh teman-temannya, terpengaruh oleh lingkungan di sekitarnya dan dia ingin mencoba-coba.
       Anak-anak yang sudah kecanduan oleh rokok akan banyak hal-hal negatif yang terjadi sepertinya mereka akan banyak berbohong kepada orangtuanya karena kehabisan uang jajan mereka memberanikan bohong kepada orangtuanya ya orang sunda biasa disebutnya dengan UNIKO (Usaha Nipu Kolot), akan membiarkan perutnya keroncongan demi membeli bersama temannya-temannya.

Kesimpulan
      Memang boleh saja merokok tapi kita harus mengatahui dari mana uang untuk membeli rokok tersebut, dan kitapun harus bisa mengatur dimana kita harus merokok jangan sampai rokok menjadikan perusak penerus bangsa kita.

0 comments:

Post a Comment